Trend Seks Pranikah

PERILAKU seksual ialah perilaku yang melibatkan sentuhan secara fisik anggota badan antara pria dan wanita yang telah mencapai pada tahap hubungan intim, yang biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri. Sedangkan perilaku seks pranikah merupakan perilaku seks yang dilakukan tanpa melalui proses pernikahan yang resmi menurut hukum maupun menurut agama dan kepercayaan masing-masing individu.

Perilaku seks pranikah ini memang kasat mata, namun ia tidak terjadi dengan sendirinya melainkan didorong atau dimotivasi oleh faktor-faktor internal yang tidak dapat diamati secara langsung (tidak kasat mata). Dengan demikian individu tersebut tergerak untuk melakukan perilaku seks pranikah.

Motivasi merupakan penggerak perilaku. Hubungan antar kedua konstruk ini cukup kompleks, antara lain dapat dilihat sebagai berikut : Motivasi yang sama dapat saja menggerakkan perilaku yang berbeda, demikian pula perilaku yang sama dapat saja diarahkan oleh motivasi yang berbeda.
Motivasi tertentu akan mendorong seseorang untuk melakukan perilaku tertentu pula. Pada seorang remaja, perilaku seks pranikah tersebut dapat dimotivasi oleh rasa sayang dan cinta dengan didominasi oleh perasaan kedekatan dan gairah yang tinggi terhadap pasangannya, tanpa disertai komitmen yang jelas (menurut Sternberg hal ini dinamakan romantic love); atau karena pengaruh kelompok (konformitas), dimana remaja tersebut ingin menjadi bagian dari kelompoknya dengan mengikuti norma-norma yang telah dianut oleh kelompoknya, dalam hal ini kelompoknya telah melakukan perilaku seks pranikah.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi seorang remaja melakukan seks pranikah karena ia didorong oleh rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba segala hal yang belum diketahui. Hal tersebut merupakan ciri-ciri remaja pada umumnya, mereka ingin mengetahui banyak hal yang hanya dapat dipuaskan serta diwujudkannya melalui pengalaman mereka sendiri, "Learning by doing".

Disinilah suatu masalah acap kali muncul dalam kehidupan remaja karena mereka ingin mencoba-coba segala hal, termasuk yang berhubungan dengan fungsi ketubuhannya yang juga melibatkan pasangannya. Namun dibalik itu semua, faktor internal yang paling mempengaruhi perilaku seksual remaja sehingga mengarah pada perilaku seksual pranikah pada remaja adalah berkembangnya organ seksual. Dikatakan bahwa gonads (kelenjar seks) yang tetap bekerja (seks primer) bukan saja berpengaruh pada penyempurnaan tubuh (khususnya yang berhubungan dengan ciri-ciri seks sekunder), melainkan juga berpengaruh jauh pada kehidupan psikis, moral, dan sosial.
Pada kehidupan psikis remaja, perkembangan organ seksual mempunyai pengaruh kuat dalam minat remaja terhadap lawan jenis kelamin. Ketertarikkan antar lawan jenis ini kemudian berkembang ke pola kencan yang lebih serius serta memilih pasangan kencan dan romans yang akan ditetapkan sebagai teman hidup. Sedangkan pada kehidupan moral, seiringan dengan bekerjanya gonads, tak jarang timbul konflik dalam diri remaja. Masalah yang timbul yaitu akibat adanya dorongan seks dan pertimbangan moral sering kali bertentangan.

Bila dorongan seks terlalu besar sehingga menimbulkan konflik yang kuat, maka dorongan seks tersebut cenderung untuk dimenangkan dengan berbagai dalih sebagai pembenaran diri.

Apakah salah seks pranikah?
Seks pranikah menurut agama?
Bagaimana cara menjauh dari trend seks pranikah?
Tunggu posting berikutnya...^_^

Berbagi Pengalaman:

  • hai ... undangannikahjogja....terima kasih ya atas kerjasamanya. aku sgt senang dan puas sekali dengan hasil undangannya dan juga bonusnya yang bnyk....makin seneng deh.. :) ditambah lagi bisa bantuin aku jika mengalami kesulitan sampai H-1..pokoke recomended bgt deh... terima kasih mas antok dan mas ari... terima kasih undangannikahjogja... moga2.. makin maju dan sukses.. amin.... :) (Dwi Ratna - Jogja, luvratna_2810@yahoo.co.id, facebook : dwi ratna)
  • Sangat mengesankan. Saya pesan undangan hard cover sebanyak 400 exp, kebetulan waktu itu waktunya mepet, hanya sekitar 2 mingguan, tapi alhamdulillah bisa terpenuhi sesuai pesanan. Lega banget rasanya. Makasih sekali buat undangannikahjoga atas semua bantuannya ya..." (Ratna Indirawati - Pekanbaru, ratna_ind@yahoo.co.id)
  • Saya suka dengan desain dari undangannikahjogja. Khas dan tepat waktu. Harganya pun lumayan murah." (Denny Raditya, Jakarta Barat, prince_oregon@gmail.com)
  • Saya nggak mau asal-asalan untuk pernikahan saya. Cari-cari akhirnya paling mantap pesan di undangannikahjogja. Lebih terpercaya karena ada workshopnya yang di ringroad utara. Dan alhamdulillah order sesuai yang saya pesan. Makasih ya..." (Ita Untari Wijaya, Ambarawa, ita83@yahoo.com)

 
Design by From Jogja With Love | Bloggerized by mahesa arie - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons