Perjanjian Pranikah, Perlukah?


Dengan banyaknya selebriti menikah kemudian bercerai belakangan ini, topik seputar perjanjian pranikah kian mengemuka. (Foto: gettyimages)
Dengan banyaknya selebriti menikah kemudian bercerai belakangan ini, topik seputar perjanjian pranikah kian mengemuka. (Foto: gettyimages)

PERJANJIAN pranikah bukan lagi monopoli orang kaya dan artis terkenal, tapi sudah semakin populer di kalangan masyarakat awam. Pertanyaannya kemudian, perlukah pernikahan Anda “dilindungi” sebuah perjanjian?

Dengan banyaknya selebriti menikah kemudian bercerai belakangan ini, topik seputar perjanjian pranikah kian mengemuka.

"Perjanjian pranikah meningkat di antara pasangan muda," kata pengacara Steven Buholz asal Dallas. "Sepuluh tahun lalu, 5 persen dari klien saya ingin membuat perjanjian pranikah. Kini, meningkat jadi 30 persen."

Jajak pendapat yang dilakukan American Academy of Matrimonial Lawyers menemukan bahwa 80 persen anggotanya mengalami lonjakan permintaan perjanjian pranikah sejak 2001.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Dijabarkan Cosmopolitan, orang semakin sadar dengan hari depannya dengan menempatkan perjanjian pranikah sebagai aset. Bahkan, meski rekening bank Anda tidak banyak, perjanjian pranikah bisa melindungi masa depan pendapatan dan memastikan Anda tidak akan bertanggung jawab atas utang pasangan.

Lebih lanjut, bukan hanya pria yang meminta perjanjian pranikah.

"Setengah klien saya yang membuat perjanjian pranikah adalah wanita," kata Katherine Stoner, pengacara di Pacific Grove, California, dan co-author Prenuptial Agreements.

Seluk beluk perjanjian pranikah

"Perjanjian pranikah adalah kontrak, dibuat sebelum menikah, menyatakan bagaimana harta dan uang akan dibagi jika terjadi kasus perceraian atau kematian," jelas pengacara NYC Arlene Dubin, sekaligus penulis Prenups for Lovers.

Di 41 negara, aset yang diperoleh selama pernikahan akan dibagi di antara pasangan bercerai setelah hakim melihat kesesuaiannya. Perjanjian pranikah menjelaskan bagaimana perhitungan pembagian aset. Pada sembilan negara lainnya, kekayaan Anda mungkin akan dibagi dalam rasio 50-50 kecuali perjanjian pranikah menyatakan sebaliknya.

Pada hampir setiap negara, aset yang dimiliki sebelum menikah akan tetap menjadi milik Anda jika Anda mampu menjaga nama kepemilikannya, bahkan tanpa sebuah perjanjian pranikah. Sementara di 39 negara, perjanjian pranikah juga dapat dipakai untuk menentukan tunjangan.

Anda dapat memiliki ketentuan khusus (seperti bebas klausul), tetapi "spesifikasi tersebut sering kali sulit dibuktikan dan ditegakkan," kata Dubin. Di luar ketentuan tersebut, perjanjian pranikah hampir selalu bisa ditegakkan.

Siapa yang memerlukan

Dengan hampir setengah pernikahan berakhir dengan perceraian, Anda tidak perlu bingung memikirkan apa yang akan terjadi jika Anda dan suami berpisah. Bagian tersulit adalah bagaimana mengangkat masalah ke permukaan.

"Mudah-mudahan, kita tidak akan perlu menggunakannya, tapi saya kira cerdas untuk mendapatkan perjanjian pranikah untuk melindungi diri. Saya tidak mengkhawatirkan perceraian, saya cuma bersikap realistis," Paul Coleman PsyD, penulis The 30 Secrets of Happily Married Couples.

Jika calon suami atau istri Anda meminta perjanjian pranikah, tak perlu menentang idenya. "Mendiskusikan masalah uang sejak awal mampu memperkuat ikatan Anda," kata Coleman.

Bagaimana mendapatkannya

"Perjanjian pranikah harus diselesaikan setidaknya sebulan sebelum menikah, jadi rencanakan enam bulan sebelum menikah," kata Stoner.

Masing-masing dari Anda membutuhkan pengacara yang berpengalaman dengan perjanjian pranikah. Biaya yang dikeluarkan mungkin cukup banyak, tetapi jika Anda berencana untuk membangun kehidupan manis untuk diri sendiri, mungkin akan sebanding.

from lifestyle.okezone.com

percayakan kebutuhan undangan nikah dan souvenir pernikahan anda kepada KAMEHAME Graphic Agency "Wedding Card Specialist"

Berbagi Pengalaman:

  • hai ... undangannikahjogja....terima kasih ya atas kerjasamanya. aku sgt senang dan puas sekali dengan hasil undangannya dan juga bonusnya yang bnyk....makin seneng deh.. :) ditambah lagi bisa bantuin aku jika mengalami kesulitan sampai H-1..pokoke recomended bgt deh... terima kasih mas antok dan mas ari... terima kasih undangannikahjogja... moga2.. makin maju dan sukses.. amin.... :) (Dwi Ratna - Jogja, luvratna_2810@yahoo.co.id, facebook : dwi ratna)
  • Sangat mengesankan. Saya pesan undangan hard cover sebanyak 400 exp, kebetulan waktu itu waktunya mepet, hanya sekitar 2 mingguan, tapi alhamdulillah bisa terpenuhi sesuai pesanan. Lega banget rasanya. Makasih sekali buat undangannikahjoga atas semua bantuannya ya..." (Ratna Indirawati - Pekanbaru, ratna_ind@yahoo.co.id)
  • Saya suka dengan desain dari undangannikahjogja. Khas dan tepat waktu. Harganya pun lumayan murah." (Denny Raditya, Jakarta Barat, prince_oregon@gmail.com)
  • Saya nggak mau asal-asalan untuk pernikahan saya. Cari-cari akhirnya paling mantap pesan di undangannikahjogja. Lebih terpercaya karena ada workshopnya yang di ringroad utara. Dan alhamdulillah order sesuai yang saya pesan. Makasih ya..." (Ita Untari Wijaya, Ambarawa, ita83@yahoo.com)

 
Design by From Jogja With Love | Bloggerized by mahesa arie - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons