Arti Sebuah Akad Nikah

Banyak orang lupa, bahwa inti dari sebuah pernikahan adalah adanya akad nikah, bukan pada pesta resepsinya. Meskipun sepele, namun hal ini bisa mengaburkan atau mengurangi makna sebuah pernikahan. Sering terjadi, para calon mempelai terlalu sibuk memikirkan bagaimana agar pesta pernikahan mereka bisa terlihat dengan begitu sempurna, tanpa boleh ada cacat sedikitpun, baik dalam hal sajiannya, undangan yang tak boleh terlewat, make up, pakaian, musik pengiring, dan lain-lain hal, namun justru tidak memperhatikan bagaimana nanti akad nikahnya. Jika diperkenankan, di sini kami akan kembali mengingatkan betapa pentingnya sebuah akad dalam pernikahan.

Satu hal yang perlu diingat, akad nikah merupakan syarat wajib dalam sebuah pernikahan menurut hukum Islam, di samping beberapa rukun nikah lainnya seperti harus adanya mempelai laki-laki dan perempuan, adanya wali, dua saksi, mahar dan akad nikah itu sendiri. Tanpa akad nikah, pernikahan Anda tidak akan syah, baik di mata hukum ataupun agama! Akad nikah merupakan gerbang pernikahan yang sesungguhnya.

Secara hukum negara, akad nikah merupakan sebuah prosesi yang diwakili oleh seorang pejabat negara/penghulu nikah sebagai saksi. Namun secara agama, akad nikah merupakan sebuah pengikatan niat suci dua orang mempelai yang secara esensial di bawah tatapan langsung Allah sang penguasa alam.

Oleh sebab itu, maknai akad nikah yang akan atau telah Anda jalani dengan sebaik-baiknya. Jadikan akad nikah sebuah pondasi hidup rumah tangga Anda, jangan pernah mendangkalkan makna yang terkandung di dalamnya. Akhadztumuhunna bi amanatillah wa istahlaltum furujahunna bi asmaillah. Mengikat tali tanggung jawab dengan kepercayaan atau tugas (amanat) Allah, dan menghalalkan persetubuhan yang sebelumnya haram, dengan menyebut nama Allah.

Jika orang menangis dalam acara akad nikah, adalah karena terbayang betapa dimensi-dimensi ruhaniyah tentang perjodohan dan tentang nasib masa depan benar-benar ada dalam rahasia Allah. Jodoh benar-benar di tangan Allah, demikian juga nasib masa depan juga merupakan rahasia Allah. Wali, penghulu, maskawin, selembar surat nikah sama sekali tak punya kuasa apa-apa. Oleh karena itu janji nikah harus untuk selamanya, abadi, sampai kiken-kiken dan ninen-ninen (kakek-nenek).

Akad nikah bukan sekedar upacara. Akad nikah pengikatan secara esensial seolah dibawah tatapan langsung Allah pada dua orang lelaki perempuan untuk hidup bersama sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi yang siap tunduk mengikuti aturanNya, landasan dalam rumah tangganya adalah beriman dan bertaqwa kepada Allah. Bersungguh-sungguh dalam komitmen hidup berumah tangga yang akan mendatangkan keberkahan bagi keluarganya dimasa mendatang, sebaliknya mempermainkan akad nikah dan mendangkalkanya yang hanya menganggap akad nikah sekedar upacara akan membuat kering kehidupan rumah tangganya kelak di kemudian hari.

Kami ucapkan selamat kepada rekan-rekan yang baru saja menjadi pengantin baru, membentuk keluarga baru dan selamat juga bagi teman-teman yang hendak mempersiapkan pelaminan diwaktu dekat ini untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Semoga Allah menjadikan keluarga kita semua menjadi keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah. Amin ya robbal alamin. sebagaimana Firman Allah, 'Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri2 dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda2 bagi kaum yang berpikir. (QS. ar-Ruum :21)

Berbagi Pengalaman:

  • hai ... undangannikahjogja....terima kasih ya atas kerjasamanya. aku sgt senang dan puas sekali dengan hasil undangannya dan juga bonusnya yang bnyk....makin seneng deh.. :) ditambah lagi bisa bantuin aku jika mengalami kesulitan sampai H-1..pokoke recomended bgt deh... terima kasih mas antok dan mas ari... terima kasih undangannikahjogja... moga2.. makin maju dan sukses.. amin.... :) (Dwi Ratna - Jogja, luvratna_2810@yahoo.co.id, facebook : dwi ratna)
  • Sangat mengesankan. Saya pesan undangan hard cover sebanyak 400 exp, kebetulan waktu itu waktunya mepet, hanya sekitar 2 mingguan, tapi alhamdulillah bisa terpenuhi sesuai pesanan. Lega banget rasanya. Makasih sekali buat undangannikahjoga atas semua bantuannya ya..." (Ratna Indirawati - Pekanbaru, ratna_ind@yahoo.co.id)
  • Saya suka dengan desain dari undangannikahjogja. Khas dan tepat waktu. Harganya pun lumayan murah." (Denny Raditya, Jakarta Barat, prince_oregon@gmail.com)
  • Saya nggak mau asal-asalan untuk pernikahan saya. Cari-cari akhirnya paling mantap pesan di undangannikahjogja. Lebih terpercaya karena ada workshopnya yang di ringroad utara. Dan alhamdulillah order sesuai yang saya pesan. Makasih ya..." (Ita Untari Wijaya, Ambarawa, ita83@yahoo.com)

Ada kesalahan di dalam gadget ini

 
Design by From Jogja With Love | Bloggerized by mahesa arie - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons